Selasa, 20 November 2012

permasalahan jaringan komputer

Masalah Jaringan Komputer beserta solusinya dalam mengkomunikasikan data


1.   Masalah berhubungan dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
TCP/IP adalah salah satu jenis protocol yang memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu  network (jaringan). Merupakan himpunan aturan yg memungkinkan komputer untuk  berhubungan antara satu dengan yg lain, biasanya berupa bentuk / waktu / barisan / pemeriksaan error saat transmisi data.
Solusinya :
Langkah 1: Periksa Konfigurasi
Caranya :
¾         Start -> All Program -> Accessories -> Commad Prompt
¾         Ketik perintah ipconfig /all
¾         Setelah itu akan tampil hasil konfigurasinya. Perhatikan bahwa beberapa komputer mungkin mempunyai beberapa kartu antarmuka jaringan, dan Windows juga bisa mengenali port Firewire sebagai adapter jaringan. Anda harus memperhatikan interface yang akan dikonfigurasi
¾         Jika konfigurasi masih kosong, maka ada beberapa kemungkinan:
Ø  Interface belum memperoleh alamat IP. Alamat IP bisa diberikan secara manual, atau via server DHCP. Jika IP diperoleh dari DHCP, coba beberapa perintah berikut untuk melihat apakah computer mampu untuk memperoleh alamat IP:
o   Ipconfig /release
o   Ipconfig /renew
o   Ipconfig /all
Jika computer masih belum memperoleh alamat IP, ada kemungkinan beberapa penyebab. Sebagai contoh, Server DHCP telah memberikan semua alamat IP nya (alamat IP habis). Administrator jaringan harus memeriksa log server jika terjadi kemungkinan ini, Kemungkinan lain disebabkan kabel jaringan yang jelek. Coba hubungkan kabel kita ke computer lain untuk memeriksa apakah kabel kita memang bermasalah. Kemungkinan lain yaitu kartu jaringan tidak terpasang dengan benar. Pada kebanyakan kasus, Windows XP akan secara otomatis mendeteksi sebuah kartu jaringan dan memasang driver secara otomatis. Namun demikian, Windows seringkali salah mengidentifikasi kartu jaringan. Jika Anda menemui masalah saat koneksi ke jaringan, coba buka casing komputer Anda dan periksa untuk memastikan model kartu jaringan yang terpasang sesuai dengan driver yang di load oleh windows. Jika drivernya sesuai tapi masih bermasalah, coba download driver kartu jaringan terbaru dari website pabrikannya. Seringkali beberapa situasi dimana driver terbaru mengatasi masalah. Namun, jika Anda telah mencoba berbagai solusi tapi tetap gagal memperoleh alamat IP, coba untuk mengganti kartu jaringan.
Sumber lengkap :
2.   Muncul pesan Network Cable Unplugged (Jaringan Kabel tidak terpasang)
Solusinya :
Lakukan pengecekan kabel LAN. Setelah yakin tidak ada masalah dengan pengkabelan, masuk ke Network Connection di Control Panel. Klik ganda Local Area Network yang bermasalah. Klik tab Properti, pada jendela “Connect using :” klik tab Configure. Selanjutnya pada jendela baru yang muncul, klik Advanced lalu Sorot Link Speed/Duplex Mode, pada jendela dropdown di sebelahnya ubah nilainya. Coba satu per satu nilai yang ditawarkan sampai LAN terkoneksi.
3.   Penularan Virus jaringan
Bila satu komputer terinfeksi virus, maka besar kemungkinan komputer yang lain akan terkena virus juga, untuk itu penggunaan antivirus yang update sangat diperlukan untuk mengatasi kerusakan sofware maupun hadrwere computer. Cara penyebaran virus itu bermacam-macam dan sebagian besar penyebab penyebaran virus saat ini adalah attachment email yang telah terinfeksi.
Solusinya :
¾         Memiliki peranti lunak antivirus sangatlah membantu. Program ini salah satunya dapat mengidentifikasi program jahat dan melumpuhkannya. Jika virus yang menginfeksi mesin tidak terdeteksi, banyak vendor antivirus yang menawarkan layanan untuk menghapus malware dengan berbayar dan selalu mengupdate antivirus tersebut secara rutin.
¾         Beberapa vendor antivirus juga menawarkan layanan scanning virus online secara cuma-cuma.
¾         Anda harus menginstall ulang sistem operasi, jika komputer masih mengalami masalah dan harus membackup file-file sebelum melakukan ini.
Sumber lengkap :
4.   Muncul pesan System Ip Conflict with other computer
dan ini artinya komputer mengindikasikan ada ip address yang sama. Padahal pada kenyataanya sudah diperiksa semua bahwa ip address berbeda-beda. ternyata ini merupakan ARP spoofing, gak jelas apa ini virus atau malware, yang pasti antara dua itu.
Solusinya :
¾         Langkah pertama yang dilakukan adalah , download malwarebyte dan juga jangan lupa update antivirus dikomputer server terlebih dahulu .
¾         Langkah selanjutnya adalah cabut semua kabel LAN, lalu untuk giliran pertama scan komputer server dengan malware byte lalu disusul dengan antivirus, selanjutnya ke semua client ( dalam posisis kabel LAN kecabut semua ). Nanti bisa ketahuan mana yang komputer suspect sebagai biang yang membuat System Ip Conflict , yang menyamarkan semua address mac komputer sama.
¾         Setelah semua pc bersih , langkah selanjutnya adalah untuk pencegahan. Catat semua mac address setiap komputer , dengan cara ketik ipconfig/all di prompt/dos . (physical address merupakan mac address). Setelah dicatat semua komputer, bikin Bat file dan namakan saja dengan antiarp.bat misalkan lalu dijalankan di startup di setiap komputer , sehingga setiap komputer nyala akan mengeksekusi antiarp.bat .
¾         Untuk menjalankan startup : start menu klik kanan —> open —->program —> start up lalu dari menu file pilih new — -> shortcut dan pilih antiarp.bat
5.   Antena Wireless tidak berfungsi (Land Card tidak menyala)
Bila komputer dihubungkan ke masing2 antena tidak dapat saling menemukan yang lainnya, petunjuk yang jelas terlihat hanya bahwa Lan Card yg dipasangi kabel dari salah satu antena tidak menyala, padahal bila kabel tersebut dipasangkan ke switch wireless, lampu switch untuk port yang dipasangkannya menyala, dan bila dihubungkan dengan kabel antara switch wireless dengan lan card yg digunakan untuk ke antena wireless, maka lampu lan card bisa menyala. Banyak factor penyebabnya, crimping yg kurang bagus, setting radio yang berubah, karena ke-reset, port ethernet rusak, ethernet portnya rusak, kualitas kabelnya yang menurun, wirelessnya FWnya corrupt, dan banyak faktor lainnya
Solusi :
1.    Konsentrasi pada permasalahan Lampu Ethernet tidak nyala (not conected) pada saat terhubung ke radio wireless untuk mempermudah lokalisir kerusakan. Pastikan Kabel RG dan cara cremping baik dan benar. Sekalipun dulu pernah bagus ,persoalan cremping yang kurang kuat akibat tarik menarik kabel bisa saja salah satu isi kabel tidak terhubung
2.    Jika perlu radio di test dengan kabel lainnya ke dengan ethernet kita, jika perlu pakai kabel yang pendek.
3.    Pastikan adaptor (PoE) bekerja semestinya.
4.    Jika Point 1,2,3 telah di coba dan hasilnya sama (not connected), jika memang benar ethernet card PC ok bsa dipastikan ethernet card radio telah rusak, Kerusakan bisa diakibatkan seperti tegangan listrik yang tidak stabil karena Petir.Jika sudah seperti ini terpaksa ganti radio.
6.   Muncul pesan “Limited or No Connectivity” (Wireless)
Kemungkinannya-kemungkinannya adalah sebagai berikut :
a.    Tidak ada perangkat wireless
b.    Ada perangkatnya tapi tidak ‘on’
c.    Sinyal Wifi lemah
d.    Driver Wireless tidak terpasang
e.    Perangkat Built-in Wifi rusak / lemah
f.     Alokasi IP habis
g.    Registry Glitch
h.    Ethernet Card perlu refresh
i.     Dan penyebab lain
Solusi :
a.    Untuk dapat terhubung ke internet, mesti ada perangkat wireless terdeteksi
b.    Start à control panel à network connection à wireless network connection lalu klik ganda/klik kanan à enabled
c.    Untuk yang seperti ini biasanya saya beritahu bahwa icon kecil di sebelah kanan bawah itu bisa diklik lalu kita bisa pilih “View Available Wireless Network” dan pilih sinyal yang paling kuat
d.    Masuk ke device manager lewat My Computer / Computer, lalu masuk ke hardware. Kalau ada tanda seru pada network adapter, ada kemungkinan salah satu adapter tidak terpasang driver-nya, install driver wirelessnya
e.    Ganti Adapter Wifi PCMCIA atau USB
f.     Operator hotspot barangkali hanya mengalokasikan IP terbatas, sehingga ketika sudah penuh, orang yang mau konek tidak kebagian
g.    Ketik string berikut ini pake Notepad, lalu save dengan nama apapun, tapi ekstension-nya *.reg – Lalu klik file itu, dan ikuti perintah berikutnya. String itu adalah :
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\IPSec]
“AssumeUDPEncapsulationContextOnSendRule”=dword:00000002
Tingga copy paste saja dua baris itu ke Notepad. Setelah file itu selesai dieksekusi, komputer harus di restart (untuk windows XP)
h.    Cabut Ethernet, lalu jalankan Windows seperti biasa. Lalu matikan komputer. Pasang lagi Ethernet-nya. Nyalakan lagi komputer, dan (kemungkinan besar – semoga) komputer akan bisa nyambung lagi.
7.   Serangan virus ARP Sfooping
Virus ARP Spoofing ini lebih populer dikenal dengan nama virus Microsoft. Hal ini tidak ada hubungan dengan Microsoft Corp., tetapi karena nama file yang digunakan oleh virus dan dapat ditemukan pada setiap komputer yang terinfeksi virus ini adalah Microsoft.bat, Microsoft.pif dan Microsoft.vbs. Saat pertamakali ditemukan, aksi virus ini masih gelap dan belum diketahui mengeksploitasi celah keamanan ARP. Tetapi seiring berjalannya waktu dan kasus yang ditemui ternyata “kesaktian” virus ini terutama adalah karena kemampuannya mengeksploitasi celah keamanan ARP sehingga lebih mudah mengidentifikasi virus ini dengan nama virus ARP, karena saat ini merupakan satu-satunya virus yang ditemukan yang mengeksploitasi celah keamanan ARP.
Cek file HOSTS di C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts, Apakah ada entry mencurigakan setelah 127.0.0.1 localhost ?? Jika ya, kemungkinan komputer Client terjangkit
Cek ARP Table dengan Command, START > RUN > CMD Ketik ARP -A Perhatikan apakah ada MacAdress yang sama ?? Jika ya, kemungkinan komputer Client terjangkit
Solusi :
Langkah Pertama :
1.    Lepas kabel LAN dari LAN Card pada
2.    Restart PC, Masuk SAFE MODE. ( F8 )
3.    Masuk START > RUN > CMD
4.    Ketik ATTRIB -H -A -R -S C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts
5.    Ketik EDIT C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts
6.    Delete semua entry mencurigakan setelah 127.0.0.1 localhost
7.    Simpan perubahan file HOSTS > Keluar Editor
8.    Ketik ATTRIB +H +A +R +S C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts
9.    Keluar CMD > EXIT
Langkah Kedua :
1.    Jalankan Tools HijackThis
2.    Lakukan Scan System
3.    Hapus semua entry yang mencurigakan (Check List)
4.    Klik Fix Checked
5.    Lakukan Scan System sekali lagi. Perhatikan perubahannya.

Langkah Ketiga :
1.    Edit file AUTOEXEC.BAT
2.    Tambahkan entry berikut : @echo off
ARP -S [IP_GATEWAY] [MAC_ADDRESS_GATEWAY]
3.    Simpan perubahannya.
4.    Copykan file AUTOEXEC.BAT ke Startup Windows
Copy AUTOEXEC.BAT C:\Documents and Settings\USER\Start Menu\Programs\Startup\
5.    Restart computer
Tujuan langkah2 di atas sebagai berikut :
Langkah pertama bertujuan untuk membersihkan file HOSTS yang berisi entry-entry mencurigakan. Langkah kedua bertujuan untuk menghapus service2 virus spoofing yang aktif, sehingga file HOSTS tidak dimodifikasi. Langkah ketiga adalah untuk menetapkan static IP dan MAC Address Gateway / Proxy di setiap komputer secara permanent sehingga saat komputer start posisinya STATIC.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar